5E
|
Konvensional
|
Modifikasi
|
||
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
|
Engagement
|
· Guru
memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
· Guru melakukan
demonstrasi mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa
diminta memperhatikan
|
Communication
dan Collaborative
|
Guru
memberikan link aplikasi pHet
kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi
tersebut dengan materi Gelombang Transversal
|
Communication
Komunikasi
terjadi ketika guru memberikan link aplikasi
pHet kepada siswa
Collaborative
Membangun
kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
|
Exploration
|
Siswa
(dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan
mencatat hasilnya
|
Communication,
Collaborative dan Creativity
|
Masing-masing
siswa membuka link aplikasi pHet
tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
|
Critical Thinkink
Proses
Critical Thinkinkterjadi ketika
siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data
Creativity
Siswa
dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya:
siswa memodifikasi amplitude gelombang
|
Explanation
|
Siswa
menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
|
Communication
|
Siswa
membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
|
Communication
Communication terjadi ketika
masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi
online
|
Elaboration
|
Siswa
mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya:
menjelaskan kejadian pada tetesan air
|
Communication
Dan
Critical Thinking
|
Masing-masing
siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
|
Critical Thinking
Siswa
menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
gelombang transversal
Communication
Siswa
membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine
|
Evaluation
|
Guru
mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test
|
Critical
thinking
|
Siswa
mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
|
Critical Thinking
Siswa
menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
|
TUGAS Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk ...
4. keunggulan dari pembelajaran learning cycle 5E yaitu
BalasHapus-Meningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
-Membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa.
-Pembelajaran menjadi lebih bermakna.
-Tujuan penggunaan konsep 4C pd model pembelajaran learning cycle 5E adalah agar siswa lebih terampil dan kreatif dengan tujuan hasil belajar yg signifikan terutama terampil dalam memasukkan teknologi pd proses pembelajaran
BalasHapus-perlunya modifikasi pd model pembelajaran adalah agar pembelajaran lebih bermakna dan memotivasi siswa untul lebih kreatif dan menemukan hal2 baru dlm proses pembelajaran
-kekurangan pada proses siklus 5E salah satunya adalah kita lebih membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak dlm proses pembelajaran
2. Guru yang kreatif akan mampu menciptakan sesuatu yang baru, atau memodifikasi yang sudah ada untuk disajikan dengan yang lebih menarik, sehingga peserta didik merasa senang mengikuti pelajaran yang diberikan.
BalasHapusTujuan penggunaan 4C adalah untuk menumbuhkan keterampilan siswa karena 4C merupakan keterampilan sesungguhnya yang ingin dicapai pada kurikulum 2013
BalasHapusMengapa perlu adanya modifikasi? Menurut saya,agar sistem pembelajarannya terbarui menyesuaikan kondisi teknologi yang sedang berkembang pada zamannya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPenerapan model learning cycle 5E memberi keuntungan sebagai berikut:
BalasHapus1) Meningkatkan motivasi belajar karena pebelajar (siswa) dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.
2) Membantu mengembangkan sikap ilmiah pebelajar .
3) Pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Menurut Cohen dan Clough (dalam Wibowo et al., 2010) penerapan model learning cycle memberi keuntungan sebagai berikut:
BalasHapus1) Meningkatkan motivasi belajar karena pebelajar (siswa) dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.
2) Membantu mengembangkan sikap ilmiah pebelajar .
3) Pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Jadi menurut cohen dn clough keuntungan dari model learning cycle ada tiga saja ya?
HapusIya itu berdasarkan teori cohen n clough yang pernah saya baca..
HapusIya cma 3 itu kan.
HapusNgk ada lain lhi
Iya hanya 3 sj
HapusKeunggulan 5e : meningkatkan motivasi beljr siswa dlibatkan secara aktf dlm proses pmbljran, lebih berpeluang untk mnyampaikan pndpt dn gagasan, permblajaran jd lbh bermkna
BalasHapusNMOR 2.
BalasHapusGuru diharapkan harus bisa membuat sesuatu yang baru dlm proses pengajaran dan bisa memodifikasikan sesuatu yang lama dgn menjadikan lebih bagus dan seoptimal mungkin, agar siswa bisa lebih mudah untuk memahaminya
Terimakas
Hapus2. Agar adanya pembaharuan dan variasi dalam prosea pembelajaran
BalasHapus3. Guru memberikan pertanyaan2 yang faktual dalam kehidupan sehari hari
4. Meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu mengembangkan sikap ilmiah pelajar, pembelajaran jadi lebih bermakna.
5. Siswa dapat belajar lebih aktif, informasi baru dapat dikaitkan dengan skema yang telah dimiliki siswa orientasi pembelajaran dengan pemecahan masalah
(deviani asri)mengapa perlu adanya modifikasi?dengan adanya modifikasi menimbulkan ide ide baru yg inovatif didalam pembelajaran sesuai dengan teknologi yang sedang berkembang dan terupdate sehingga kita jauh dari kata ketertinggalan dan selalu mengupdate informasi khususnya tentang modifikasi pembelajaran yg inovatif dan menarik khususny ya diera digital seperti sekarang ini
BalasHapusTerimkash
HapusMenurut Fajaroh (2008), model pembelajaran learning cycle 5E memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
BalasHapusMerangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya.Memberikan motivasi kepeda siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan.Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen.Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari.Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari.
Terimkash saudari merry.
HapusJd dri jawabn saudari ada 4 point ke untungn menurut fajaroh.
Bagai mna cara merncang siswa untk mngingt kmbali materi atau kita yg mengingatkn? Dan motivasi yg bagaimana yg dapat menambah kan rasa ingntahuannya
Pertama kita ingatkan dahulu materi sblumnya. Itu amsuk tahap apersepsi. Kemudian kita kaitkan dgn keadaan lingkungan sekitar agar mereka termotivasi dalm proses pembelajara
HapusApresiasi yg bagai mna.bisa lbih detail
HapusContoh kmrn materinya ciri-ciri makhluk hidup, nah pertemuan skrg tentang klasifikasi makhluk hidup . Jdi masih berkesinambungan
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKeuntungan model pembelajaran learning cycle 5E adalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan merangsang peserta didik untuk mengembangkan sikap-sikap ilmiah guna mencapai tujuan pembelajaran
BalasHapusMenurut Fajaroh (2008), model pembelajaran learning cycle 5E memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
BalasHapusMerangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya.Memberikan motivasi kepeda siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan.Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen.Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari.Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari.
Halo listiani... modifikasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga menjadi lebih up to date dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
BalasHapuskareana dengan adanya memodifikasi yang disajikan dengan menarik, menurut saya peserta didik merasa senang mengikuti pelajaran yang diberikan, dan dalam sistem pembelajarannya menurut saya haruslah menyesuaikan kondisi dengan kemajuan zaman dalam hal nya dari segi teknologi yang sedang berkembang sekarang ini.
BalasHapusTerimaksh kak.
HapusJawabn k2 sudh bgus tetapi bisa tidak memberi contoh bagai mna cara membuat siswa senng dlam blajar mnurt k2.
sebelumnya trimakasih dek,
Hapuskalau menurut kakak agar siswa tidak merasa bosan dan dalam pembelajaran maka guru harus mampu membuat siswa antusias dalam pembelajaran online melalui media yang sudah disediakan guru dalam pembelajaran online tersebut. trimakasih.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHalo Listiani, saya akan menjawab pertanyaan nomor 5
BalasHapustujuan penggunaan keterampilan 4C pada model learning cycle 5E yakni sebagai bahan indikator atau acuan bagi guru untuk mengembangkan model pembelajaran learning cycle 5E dalam meningkatkan kemampuan berpikir kraetif siswa sehingga elemen-elemen berpikir kraetif 4C tersebut dapat diintegrasikan langsung dalam output masing-masing sintaksnya.
. keunggulan dari pembelajaran learning cycle 5E yaitu
BalasHapus-Meningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
1.Membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa.
2.Pembelajaran menjadi lebih bermakna.