Langsung ke konten utama

Modifikasi model pembelajaran


Learning Cycle
5E
Konvensional
Modifikasi
Aktivitas
Keterampilan 4C
Aktivitas
Keterampilan 4C
Engagement
·     Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
·     Guru melakukan demonstrasi mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
Communication dan Collaborative

Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal
Communication
Komunikasi terjadi ketika guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa

Collaborative
Membangun kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
Exploration
Siswa (dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan mencatat hasilnya
Communication, Collaborative dan Creativity
Masing-masing siswa membuka link aplikasi pHet tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
Critical Thinkink
Proses Critical Thinkinkterjadi ketika siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data

Creativity
Siswa dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya: siswa memodifikasi amplitude gelombang

Explanation
Siswa menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
Communication
Siswa membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
Communication
Communication terjadi ketika masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi online
Elaboration
Siswa mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya: menjelaskan kejadian pada tetesan air
Communication
Dan
Critical Thinking


Masing-masing siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
Critical Thinking
Siswa menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gelombang transversal

Communication
Siswa membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine

Evaluation
Guru mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test

Critical thinking
Siswa mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
Critical Thinking
Siswa menjawab soal yang telah diberikan oleh guru


Komentar

  1. 4. keunggulan dari pembelajaran learning cycle 5E yaitu
    -Meningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
    -Membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa.
    -Pembelajaran menjadi lebih bermakna.

    BalasHapus
  2. -Tujuan penggunaan konsep 4C pd model pembelajaran learning cycle 5E adalah agar siswa lebih terampil dan kreatif dengan tujuan hasil belajar yg signifikan terutama terampil dalam memasukkan teknologi pd proses pembelajaran
    -perlunya modifikasi pd model pembelajaran adalah agar pembelajaran lebih bermakna dan memotivasi siswa untul lebih kreatif dan menemukan hal2 baru dlm proses pembelajaran
    -kekurangan pada proses siklus 5E salah satunya adalah kita lebih membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak dlm proses pembelajaran

    BalasHapus
  3. 2. Guru yang kreatif akan mampu menciptakan sesuatu yang baru, atau memodifikasi yang sudah ada untuk disajikan dengan yang lebih menarik, sehingga peserta didik merasa senang mengikuti pelajaran yang diberikan.

    BalasHapus
  4. Tujuan penggunaan 4C adalah untuk menumbuhkan keterampilan siswa karena 4C merupakan keterampilan sesungguhnya yang ingin dicapai pada kurikulum 2013

    BalasHapus
  5. Mengapa perlu adanya modifikasi? Menurut saya,agar sistem pembelajarannya terbarui menyesuaikan kondisi teknologi yang sedang berkembang pada zamannya

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Penerapan model learning cycle 5E memberi keuntungan sebagai berikut:

    1) Meningkatkan motivasi belajar karena pebelajar (siswa) dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.

    2) Membantu mengembangkan sikap ilmiah pebelajar .

    3) Pembelajaran menjadi lebih bermakna.

    BalasHapus
  8. Menurut Cohen dan Clough (dalam Wibowo et al., 2010) penerapan model learning cycle memberi keuntungan sebagai berikut:
    1)   Meningkatkan motivasi belajar karena pebelajar (siswa) dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.
    2)        Membantu mengembangkan sikap ilmiah pebelajar .
    3)        Pembelajaran menjadi lebih bermakna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi menurut cohen dn clough keuntungan dari model learning cycle ada tiga saja ya?

      Hapus
    2. Iya itu berdasarkan teori cohen n clough yang pernah saya baca..

      Hapus
    3. Iya cma 3 itu kan.
      Ngk ada lain lhi

      Hapus
  9. Keunggulan 5e : meningkatkan motivasi beljr siswa dlibatkan secara aktf dlm proses pmbljran, lebih berpeluang untk mnyampaikan pndpt dn gagasan, permblajaran jd lbh bermkna

    BalasHapus
  10. NMOR 2.
    Guru diharapkan harus bisa membuat sesuatu yang baru dlm proses pengajaran dan bisa memodifikasikan sesuatu yang lama dgn menjadikan lebih bagus dan seoptimal mungkin, agar siswa bisa lebih mudah untuk memahaminya

    BalasHapus
  11. 2. Agar adanya pembaharuan dan variasi dalam prosea pembelajaran
    3. Guru memberikan pertanyaan2 yang faktual dalam kehidupan sehari hari
    4. Meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu mengembangkan sikap ilmiah pelajar, pembelajaran jadi lebih bermakna.
    5. Siswa dapat belajar lebih aktif, informasi baru dapat dikaitkan dengan skema yang telah dimiliki siswa orientasi pembelajaran dengan pemecahan masalah

    BalasHapus
  12. (deviani asri)mengapa perlu adanya modifikasi?dengan adanya modifikasi menimbulkan ide ide baru yg inovatif didalam pembelajaran sesuai dengan teknologi yang sedang berkembang dan terupdate sehingga kita jauh dari kata ketertinggalan dan selalu mengupdate informasi khususnya tentang modifikasi pembelajaran yg inovatif dan menarik khususny ya diera digital seperti sekarang ini

    BalasHapus
  13. Menurut Fajaroh (2008), model pembelajaran learning cycle 5E memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

    Merangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya.Memberikan motivasi kepeda siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan.Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen.Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari.Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimkash saudari merry.
      Jd dri jawabn saudari ada 4 point ke untungn menurut fajaroh.
      Bagai mna cara merncang siswa untk mngingt kmbali materi atau kita yg mengingatkn? Dan motivasi yg bagaimana yg dapat menambah kan rasa ingntahuannya

      Hapus
    2. Pertama kita ingatkan dahulu materi sblumnya. Itu amsuk tahap apersepsi. Kemudian kita kaitkan dgn keadaan lingkungan sekitar agar mereka termotivasi dalm proses pembelajara

      Hapus
    3. Apresiasi yg bagai mna.bisa lbih detail

      Hapus
    4. Contoh kmrn materinya ciri-ciri makhluk hidup, nah pertemuan skrg tentang klasifikasi makhluk hidup . Jdi masih berkesinambungan

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  14. Keuntungan model pembelajaran learning cycle 5E adalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan merangsang peserta didik untuk mengembangkan sikap-sikap ilmiah guna mencapai tujuan pembelajaran

    BalasHapus
  15. Menurut Fajaroh (2008), model pembelajaran learning cycle 5E memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

    Merangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya.Memberikan motivasi kepeda siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan.Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen.Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari.Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari.

    BalasHapus
  16. Halo listiani... modifikasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga menjadi lebih up to date dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

    BalasHapus
  17. kareana dengan adanya memodifikasi yang disajikan dengan menarik, menurut saya peserta didik merasa senang mengikuti pelajaran yang diberikan, dan dalam sistem pembelajarannya menurut saya haruslah menyesuaikan kondisi dengan kemajuan zaman dalam hal nya dari segi teknologi yang sedang berkembang sekarang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksh kak.
      Jawabn k2 sudh bgus tetapi bisa tidak memberi contoh bagai mna cara membuat siswa senng dlam blajar mnurt k2.

      Hapus
    2. sebelumnya trimakasih dek,
      kalau menurut kakak agar siswa tidak merasa bosan dan dalam pembelajaran maka guru harus mampu membuat siswa antusias dalam pembelajaran online melalui media yang sudah disediakan guru dalam pembelajaran online tersebut. trimakasih.

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Halo Listiani, saya akan menjawab pertanyaan nomor 5
    tujuan penggunaan keterampilan 4C pada model learning cycle 5E yakni sebagai bahan indikator atau acuan bagi guru untuk mengembangkan model pembelajaran learning cycle 5E dalam meningkatkan kemampuan berpikir kraetif siswa sehingga elemen-elemen berpikir kraetif 4C tersebut dapat diintegrasikan langsung dalam output masing-masing sintaksnya.

    BalasHapus
  20. . keunggulan dari pembelajaran learning cycle 5E yaitu
    -Meningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
    1.Membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa.
    2.Pembelajaran menjadi lebih bermakna.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOKUMEN MODEL DAN EVALUASI PEMBELAJARAN SAINS

TUGAS Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk ...

TATA SURYA

TATA SURYA Pernahkah kamu amati langit pada malam hari? Benda-benda apa saja yang kamu lihat di langit? Pasti kamu akan melihat ribuan benda langit. Di antara benda-benda langit tersebut ada yang disebut bintang dan ada juga yang disebut planet. Ketika pagi menjelang, masihkah kamu dapat melihat benda-benda langit tersebut? Tentu saja tidak, karena di siang hari kamu hanya dapat melihat Matahari di langit. Ketika malam datang, barulah kamu dapat melihat kembali benda-benda langit tersebut. Mengapa demikian? Peristiwa di atas akan kita pelajari dalam buku kelas VII SMP di bab 6, yaitu sistem Tata Surya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem Tata Surya akan berpengaruh terhadap sistem kehidupan di Bumi. Maha besar Tuhan yang telah menciptakan alam dengan begitu agungnya. Oleh karena itu, marilah belajar dengan sungguh- sungguh, senantiasa bersyukur serta berusaha untuk menjaga karunia-Nya sebagai wujud ketakwaa...