Langsung ke konten utama

Revisi 5E










Learning Cycle 5E
Aktivitas
Kelemahan
JawabanKelemahan
Keterampilan 4C
Aktivitas
Keterampilan 4C
Keuntungan
Kelemahan
Engagement
·     Guru memberikanarahanmengenaialatdanbahanpraktikum
·     Guru melakukandemonstrasimengenaicontohgelombang transversal menggunakantalidansiswadimintamemperhatikan
1. Harustatapmukadengansiswasecaralangsung
2. Tidak bias membeikanrekamanulang
3. Membutuhkanwaktu yang lama
4. Guru yang berperanaktif
5. Menimbulkanmiskonsepsi
1.  Memerlukan media yang tidakharustatapmuka
2.  Merekamselama proses pembelajaran agar bisadiulangkembali
3.  Dibutuhkan media yang banyak agar  bisamenghematwaktu
4.  Membutuhkanalatatau media yang banyak yang mendorongsiswauntukberperanaktif
5.  Dibutuhkanbanyaksumberuntukmengkonfirmasikonsep yang sudahdiberikan
Communication dan Collaborative

Guru memberikanlink aplikasipHetkepadasiswadanmemintasiswauntukmencobadanmengambil data padaaplikasitersebutdenganmateriGelombang Transversal
Communication
Komunikasiterjadiketika guru memberikan link aplikasipHetkepadasiswa

Collaborative
MembangunkerjasamauntukmenggunakanaplikasipHet
1.     Tidakharusbertatapmuka
2.     Bisamembukaaplikasikapansaja
3.     Bisamenyimpanhasilpembelajaran
4.     Menyediakanberbagaimateri yang ingindipelajari
5.     Bisamenumbuhkankonsep
1.     Harus di aksesmelalui internet ataumenginstalaplikasiterlebihdahulu
Exploration
Siswa (dalambentukkelompokkecil) melakukanpercobaan yang telahdilakukan guru danmencatathasilnya
1.  Tidaksemuasiswa yang melakukandemonstrasi
2.  Terbatasreferensi
3.  Karenaadanyapembagiantugasmasing-masing
4.  Alat yang terbatas, waktu  yang lama
1.  Memberikan media kepadasiswa agar bisamempraktikansendiri
2.  Membutuhkan media penyediareferensi
3.  Perlupraktikindividudimanasiswabisamengerjakansemuaprosedurdaritahapawalhinggaakhir
4.  Perlu media yang bisadigunakanutuksemuasiswadandapatmenghematwaktu
Communication, Collaborative dan Creativity
Masing-masingsiswamembukalink aplikasipHettersebut di hpatau laptop sertamencatathasilpercobaan
Critical Thinkink
Proses Critical Thinkinkterjadiketikasiswamenggunakanaplikasidanmengolah data

Creativity
Siswadituntutkreatifsaatmenggunakanaplikasi.
Contohnya: siswamemodifikasi amplitude gelombang

1.     Masing-masingsiswabisamengaksesaplikasi
2.     Siswabisapraktiklangsungmenggunakanaplikasi
3.     Bisamenghematwaktu
1.     Tidakadasumberreferensiharusmencarireferensi di luar
Explanation
Siswamenjelaskanhasilpercobaan yang telahdilakukanolehmasing-masingkelompok
1.  Hanyasebatasperwakilandalampresentasi di depankelas
2.  Tidakbisaberpendapatsecaraindividu
3.  Yang menjelaskanhanyasiswa yang terlibatdalampratikum
4.  Tidakbiasamengulangpercobaan di rumah
1. Semuasiswaharusmempresentasikanhasil yang didapatnya
2. Mencari media yang bisadigunakansiswauntukmengemukanpendapatsecaraperorangan
3. Memerlukanaksespraktikindividumakasiswaakanmampumenjelaskanhasilkerjanyasecarapribadi
4. Mencari media yang dapatdigunakandimanasaja
Communication
Siswamembagikanhasiltersebutdidalam forum diskusi online
Communication
Communication terjadiketikamasing-masingsiswamembagikanhasilpercobaannyamelaluin forum diskusi online
1.     Semuasiswabisamenjelaskanhasilpraktik
2.     Bisamenyampaikanhal-hal yang telahdipelajari
3.     Karenapengerjaansecaraindividuartinyasemuasiswabisamengertiapa yang telahdikerjakannya
4.     Bisa di aksesdimanasaja
1.     Syaratharusmemilikijaringan internet
2.     Harusmemilikiaplikasiterlebihdahulu
3.     Harusmemiliki java

Elaboration
Siswamengkaitkancontohgelombang transversal dalamkehidupansehari-hari.
Contohnya: menjelaskankejadianpadatetesan air
1.  Siswadituntutuntukmenguasaikonsep
2.  Objektidaktersedia
3.  Keterbatasanruang
4.  Keterbatasan ide karena di dalamruangan

1. Perlusaranapenyediareferensiuntukmemahaikonsep
2. Mencarisarana yang mudahdijadikanobjekataupenyediaobjek
3. Memerlukanruangterbuka
4. Perlupembelajarandiluarkelas
Communication
dan Critical Thinking


Masing-masingsiswamemberikancontohtersebut di dalamkehidupansehari-hari
Critical Thinking
Siswamenelaahkejadiandalamkehidupansehari-hari yang berhubungandengangelombang transversal

Communication
Siswamembagikancontohtersebutkedalam forum diskusionine

1.     Dapatmenggambarkanobjek yang tidakdapatdilihatmelaluimata
2.     Bisamembukapemikiransiswa
3.     Bisadiakses di luarkelas
1.     Referensitidaktersedia
Evaluation
Guru mengevaluasipemahamansiswamelaluikegiatanpost test

1.  Tidakfleksibledalambentukwaktudanmonoton
2.  Tidakinteraktifdantidakinstan
3.  Tidakmengetahuisisidalamketerampilansiswa
4.  Kurangnyakesiapansiswadalam mental dankonsep
5.  Siswa yang memahamidenganbaikyang bisamendapatkannilai yang baik
6.  Hanyamengukurdarikognitifsiswa
1.     Membutuhkan media yang simple dandapatmenyesuaikanwaktu
2.     Diperlukanmedia komunikasiaktifdanlancar
3.     Memberikanpraktiklangsungpadasiswauntukmengasahketerampilan
4.     Perluruangpribadi yang tenanguntukmenjaga mental siswa
5.     Diperlukanpraktiklangsung agar siswabenar-benarmengerti
6.     Perlusarana yang dapat di ukurdarisegikognitif, afektifdanpsikomotor
Critical thinking
Siswamengerjakansoal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
Critical Thinking
Siswamenjawabsoal yang telahdiberikanoleh guru
1.   Bisadigunakankapansaja
2.   Siswadapatmengasahketerampilandengan menu yang telahdisediakan
3.   Pengerjaansecaraindividubisamemperkuat mental dankepercayaandiriterhadaphasilpribadi
4.   Praktiklangsungdilakukanolehsiswa
5.   Bisamengevaluasisiswadarisegikognitif, afektifdanpsikomotor
1.   Tidakdisediakanruanguntukbertanya/ komunikasi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOKUMEN MODEL DAN EVALUASI PEMBELAJARAN SAINS

TUGAS Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk ...

TATA SURYA

TATA SURYA Pernahkah kamu amati langit pada malam hari? Benda-benda apa saja yang kamu lihat di langit? Pasti kamu akan melihat ribuan benda langit. Di antara benda-benda langit tersebut ada yang disebut bintang dan ada juga yang disebut planet. Ketika pagi menjelang, masihkah kamu dapat melihat benda-benda langit tersebut? Tentu saja tidak, karena di siang hari kamu hanya dapat melihat Matahari di langit. Ketika malam datang, barulah kamu dapat melihat kembali benda-benda langit tersebut. Mengapa demikian? Peristiwa di atas akan kita pelajari dalam buku kelas VII SMP di bab 6, yaitu sistem Tata Surya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem Tata Surya akan berpengaruh terhadap sistem kehidupan di Bumi. Maha besar Tuhan yang telah menciptakan alam dengan begitu agungnya. Oleh karena itu, marilah belajar dengan sungguh- sungguh, senantiasa bersyukur serta berusaha untuk menjaga karunia-Nya sebagai wujud ketakwaa...

Modifikasi model pembelajaran

L earning Cycle 5E Konvensional Modifikasi Aktivitas Keterampilan 4C Aktivitas Keterampilan 4C Engagement ·      Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum ·      Guru melakukan demonstrasi mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan Communication dan Collaborative Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal Communication Komunikasi terjadi ketika guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa Collaborative Membangun kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet Exploration Siswa (dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan mencatat hasilnya Communication, Collaborative dan Creativity Masing-masing siswa mem...