|
|
|
|
|
|
|
|
|
Learning Cycle 5E
|
Aktivitas
|
Kelemahan
|
JawabanKelemahan
|
Keterampilan 4C
|
Aktivitas
|
Keterampilan 4C
|
Keuntungan
|
Kelemahan
|
Engagement
|
· Guru
memberikanarahanmengenaialatdanbahanpraktikum
· Guru
melakukandemonstrasimengenaicontohgelombang transversal menggunakantalidansiswadimintamemperhatikan
|
1.
Harustatapmukadengansiswasecaralangsung
2.
Tidak bias membeikanrekamanulang
3.
Membutuhkanwaktu yang lama
4.
Guru yang berperanaktif
5.
Menimbulkanmiskonsepsi
|
1.
Memerlukan media yang tidakharustatapmuka
2.
Merekamselama proses pembelajaran agar
bisadiulangkembali
3.
Dibutuhkan media yang banyak agar bisamenghematwaktu
4.
Membutuhkanalatatau media yang banyak yang
mendorongsiswauntukberperanaktif
5.
Dibutuhkanbanyaksumberuntukmengkonfirmasikonsep
yang sudahdiberikan
|
Communication
dan Collaborative
|
Guru
memberikanlink aplikasipHetkepadasiswadanmemintasiswauntukmencobadanmengambil
data padaaplikasitersebutdenganmateriGelombang
Transversal
|
Communication
Komunikasiterjadiketika
guru memberikan link aplikasipHetkepadasiswa
Collaborative
MembangunkerjasamauntukmenggunakanaplikasipHet
|
1.
Tidakharusbertatapmuka
2.
Bisamembukaaplikasikapansaja
3.
Bisamenyimpanhasilpembelajaran
4.
Menyediakanberbagaimateri yang ingindipelajari
5.
Bisamenumbuhkankonsep
|
1.
Harus di aksesmelalui internet
ataumenginstalaplikasiterlebihdahulu
|
Exploration
|
Siswa
(dalambentukkelompokkecil) melakukanpercobaan yang telahdilakukan guru
danmencatathasilnya
|
1.
Tidaksemuasiswa yang melakukandemonstrasi
2.
Terbatasreferensi
3.
Karenaadanyapembagiantugasmasing-masing
4.
Alat yang terbatas, waktu yang lama
|
1.
Memberikan media kepadasiswa agar
bisamempraktikansendiri
2.
Membutuhkan media penyediareferensi
3.
Perlupraktikindividudimanasiswabisamengerjakansemuaprosedurdaritahapawalhinggaakhir
4.
Perlu media yang
bisadigunakanutuksemuasiswadandapatmenghematwaktu
|
Communication,
Collaborative dan Creativity
|
Masing-masingsiswamembukalink aplikasipHettersebut di hpatau
laptop sertamencatathasilpercobaan
|
Critical
Thinkink
Proses
Critical Thinkinkterjadiketikasiswamenggunakanaplikasidanmengolah
data
Creativity
Siswadituntutkreatifsaatmenggunakanaplikasi.
Contohnya:
siswamemodifikasi amplitude gelombang
|
1.
Masing-masingsiswabisamengaksesaplikasi
2.
Siswabisapraktiklangsungmenggunakanaplikasi
3.
Bisamenghematwaktu
|
1.
Tidakadasumberreferensiharusmencarireferensi di
luar
|
Explanation
|
Siswamenjelaskanhasilpercobaan
yang telahdilakukanolehmasing-masingkelompok
|
1.
Hanyasebatasperwakilandalampresentasi di
depankelas
2.
Tidakbisaberpendapatsecaraindividu
3.
Yang menjelaskanhanyasiswa yang
terlibatdalampratikum
4.
Tidakbiasamengulangpercobaan di rumah
|
1.
Semuasiswaharusmempresentasikanhasil yang
didapatnya
2.
Mencari media yang bisadigunakansiswauntukmengemukanpendapatsecaraperorangan
3.
Memerlukanaksespraktikindividumakasiswaakanmampumenjelaskanhasilkerjanyasecarapribadi
4.
Mencari media yang dapatdigunakandimanasaja
|
Communication
|
Siswamembagikanhasiltersebutdidalam
forum diskusi online
|
Communication
Communication terjadiketikamasing-masingsiswamembagikanhasilpercobaannyamelaluin
forum diskusi online
|
1.
Semuasiswabisamenjelaskanhasilpraktik
2.
Bisamenyampaikanhal-hal yang telahdipelajari
3.
Karenapengerjaansecaraindividuartinyasemuasiswabisamengertiapa
yang telahdikerjakannya
4.
Bisa di aksesdimanasaja
|
1.
Syaratharusmemilikijaringan internet
2.
Harusmemilikiaplikasiterlebihdahulu
3.
Harusmemiliki java
|
Elaboration
|
Siswamengkaitkancontohgelombang
transversal dalamkehidupansehari-hari.
Contohnya:
menjelaskankejadianpadatetesan air
|
1.
Siswadituntutuntukmenguasaikonsep
2.
Objektidaktersedia
3.
Keterbatasanruang
4.
Keterbatasan ide karena di dalamruangan
|
1.
Perlusaranapenyediareferensiuntukmemahaikonsep
2.
Mencarisarana yang
mudahdijadikanobjekataupenyediaobjek
3.
Memerlukanruangterbuka
4.
Perlupembelajarandiluarkelas
|
Communication
dan Critical
Thinking
|
Masing-masingsiswamemberikancontohtersebut
di dalamkehidupansehari-hari
|
Critical
Thinking
Siswamenelaahkejadiandalamkehidupansehari-hari
yang berhubungandengangelombang transversal
Communication
Siswamembagikancontohtersebutkedalam
forum diskusionine
|
1.
Dapatmenggambarkanobjek yang
tidakdapatdilihatmelaluimata
2.
Bisamembukapemikiransiswa
3.
Bisadiakses di luarkelas
|
1.
Referensitidaktersedia
|
Evaluation
|
Guru
mengevaluasipemahamansiswamelaluikegiatanpost
test
|
1.
Tidakfleksibledalambentukwaktudanmonoton
2.
Tidakinteraktifdantidakinstan
3.
Tidakmengetahuisisidalamketerampilansiswa
4.
Kurangnyakesiapansiswadalam mental dankonsep
5.
Siswa yang memahamidenganbaikyang bisamendapatkannilai
yang baik
6.
Hanyamengukurdarikognitifsiswa
|
1.
Membutuhkan media yang simple
dandapatmenyesuaikanwaktu
2.
Diperlukanmedia komunikasiaktifdanlancar
3.
Memberikanpraktiklangsungpadasiswauntukmengasahketerampilan
4.
Perluruangpribadi yang tenanguntukmenjaga mental
siswa
5.
Diperlukanpraktiklangsung agar
siswabenar-benarmengerti
6.
Perlusarana yang dapat di ukurdarisegikognitif,
afektifdanpsikomotor
|
Critical
thinking
|
Siswamengerjakansoal
yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
|
Critical
Thinking
Siswamenjawabsoal
yang telahdiberikanoleh guru
|
1.
Bisadigunakankapansaja
2.
Siswadapatmengasahketerampilandengan menu yang
telahdisediakan
3.
Pengerjaansecaraindividubisamemperkuat mental
dankepercayaandiriterhadaphasilpribadi
4.
Praktiklangsungdilakukanolehsiswa
5.
Bisamengevaluasisiswadarisegikognitif,
afektifdanpsikomotor
|
TUGAS Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk ...
Komentar
Posting Komentar