Komponen RPP
|
RPP KONVENSIONAL
|
RPP DISRUPTED INOVASI
|
Identitas
|
|
|
Sekolah
|
SMP USWATUN HASANAH
|
SEKOLAH MENENGAH TERKAIT
|
Matapelajaran
|
IPA
|
IPA Terpadu
|
Kelas/Semester
|
VII/1
|
Kelas online /berkelanjutan
|
Materi Pokok
|
Suhu Dan Perubahannya
|
Suhu dan Perubahannya
|
Alokasi Waktu
|
90 menit
|
Paling lambat satu minggu
|
Kompetensi
|
|
|
Inti
|
|
|
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
|
Memahami keagungan Tuhan
yang telah menciptakan suhu terpanas yaitu api neraka
|
2
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Mencari tahu suhu pada saat pagi, siang dan
sore hari
|
3
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
Pemanfaatan suhu panas dari pancaran
matahari untuk mengeringkan pakaian
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
Menganalisis dampak perubahan suhu akibat
kebakaran hutan
|
Dasar
|
Memahami konsep suhu dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
|
Mendeskripsikan dampak kebakaran hutan
terhadap suhu lingkungan sekitar
|
Indikator
|
Menjelaskan definisi
suhu.
Menjelaskan berbagai jenis termometer.
Menentukan
skala suhu dengan melakukan pengukuran
suhu dengan menggunakan thermometer.
Menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer
berskala.
|
i. Menjelaskan
definisi suhu.
ii.
Menjelaskan berbagai jenis termometer.
iii.
Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu
dengan menggunakan thermometer.
iv.
Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan
dengan temometer berskala.
|
Tujuan
|
§
Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
§ Siswa dapat menjelaskan
berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
§ Siswa dapat menentukan
skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
§ Siswa dapat menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
|
§ Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
§ Siswa dapat menjelaskan
berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
§ Siswa dapat menentukan skala
suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
§ Siswa dapat menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer
berskala.
|
Model
|
Discovey learning
|
Diskusi online
|
Metode
|
Diskusi , Presentasi, ceramah,tanya jawab,
|
Chat online,Vlog, VC,streaming di Youtube, search engine,
|
Media
|
Ppt, video
|
pHet, screen recorder
|
Sumber Pembelajaran
|
Buku intan pariwara, lks
|
Ebook, internet
|
Uraian Materi
|
|
|
|
|
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
|
|
Pendahuluan
|
|
|
Orientasi
|
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Login ke situs Distruptive
Inovation, link ke youtube melihat animasi pHet
|
Motivasi
|
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:Pengertian
Suhu dan Termometer
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
|
Menyaksikan video kebakaran hutan dan dampak di
lingkungan sekitar
|
Apersepsi
|
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
pada kelas VI
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Melihat gambar
-
Air mendidih
-
Penjemuran pakaian
|
Tujuan dan Manfaat Pembelajaran
|
§
Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
§ Siswa dapat menjelaskan
berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
§ Siswa dapat menentukan
skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
§ Siswa dapat menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
§ Siswa dapat menjelaskan
definisi pemuaian.
|
aplikatif
|
||
Kegiatan Inti
|
|
|
||
|
|
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic : Pengertian Suhu dan Termometerdengan
cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa
seperti gambar di bawah ini :
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
mengamati gambar
|
|
Menyaksikan video pHet
tentang suhu dan perubahannya serta melihat video berbagai termometer
|
|
|
/foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video
yang disajikan oleh guru seperti gambar di bawah ini :
Ø Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta
untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan
pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Pengertian Suhu
dan Termometer
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang
berkaitan dengan : Pengertian Suhu dan Termometer
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Pengertian Suhu
|
|
|
|
|
dan Termometer
|
|
|
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Pengertian
Suhu dan Termometer
yang tidak dipahami dari
apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa kegunaan dari termometer?
Ø Bagaiman cara mengukur skala suhu?
|
||||
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai
sumber tentang : Karakteristik materi, unsur,
senyawa dan campuran Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor
|
|
|
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Pengertian
Suhu dan Termometer
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa
v Mendiskusikan
v Mengulang
Saling tukar informasi tentang : Pengertian
Suhu dan Termometerdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai
cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|
|
|
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Pengertian Suhu
dan Termometer
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam
kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
|
|
Diskusi online:chat, video
call, streaming
|
|
|
mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal
mengenai : Pengertian Suhu dan Termometer
|
|
|
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan : Pengertian
Suhu dan Termometer
antara lain dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
||||
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
|
|
|
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi
yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
|
|
|
Penutup
|
Peserta didik :
·
Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·
Mengagendakan pekerjaan rumah.
·
Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di
|
Penyimpulan materi via
room chat
|
|
luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta
didik yang selesai mengerjakan projek dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
|
Komentar
Posting Komentar