Langsung ke konten utama

RPP SUHU DAN PERUAHANNYA



Komponen RPP
RPP KONVENSIONAL
RPP DISRUPTED INOVASI
Identitas


Sekolah
SMP USWATUN HASANAH
SEKOLAH MENENGAH TERKAIT
Matapelajaran
IPA
IPA Terpadu
Kelas/Semester
VII/1
Kelas online /berkelanjutan
Materi Pokok
Suhu Dan Perubahannya
Suhu dan Perubahannya
Alokasi Waktu
90 menit
Paling lambat satu minggu
Kompetensi


Inti


1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
Memahami keagungan Tuhan yang telah menciptakan suhu terpanas yaitu api neraka
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Mencari tahu suhu pada saat pagi, siang dan sore hari
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Pemanfaatan suhu panas dari pancaran matahari untuk mengeringkan pakaian
4
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Menganalisis dampak perubahan suhu akibat kebakaran hutan
Dasar
Memahami konsep suhu dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
Mendeskripsikan dampak kebakaran hutan terhadap suhu lingkungan sekitar


Indikator
         Menjelaskan definisi suhu.
         Menjelaskan berbagai jenis termometer.
Menentukan skala suhu dengan melakukan   pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
 Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
i.       Menjelaskan definisi suhu.
ii.        Menjelaskan         berbagai                                                      jenis termometer.
iii.         Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
iv.         Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan
dengan temometer berskala.
Tujuan
§  Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
§  Siswa dapat menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
§  Siswa dapat menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
§  Siswa dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
§  Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
§  Siswa dapat menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
§  Siswa dapat menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
§  Siswa dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
Model
Discovey learning
Diskusi online
Metode
Diskusi , Presentasi, ceramah,tanya jawab,
Chat online,Vlog, VC,streaming di Youtube, search engine,
Media
Ppt, video
pHet, screen recorder
Sumber Pembelajaran
Buku intan pariwara, lks
Ebook, internet
Uraian Materi







Langkah-langkah Pembelajaran


Pendahuluan


Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Login ke situs Distruptive Inovation, link ke youtube melihat animasi pHet
Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·         Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:Pengertian Suhu dan Termometer
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
Menyaksikan video kebakaran hutan dan dampak di lingkungan sekitar
Apersepsi
·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Melihat gambar
-          Air mendidih
-          Penjemuran pakaian


Tujuan dan Manfaat Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
§  Siswa dapat menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
§  Siswa dapat menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
§  Siswa dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
§  Siswa dapat menjelaskan definisi pemuaian.
aplikatif
Kegiatan Inti




Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic : Pengertian Suhu dan Termometerdengan cara :

v  Melihat            (tanpa           atau                         dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di bawah ini :
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati gambar

Menyaksikan video pHet tentang suhu dan perubahannya serta melihat video berbagai termometer









/foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar di bawah ini :
Ø  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v  Membaca    (dilakukan    di    rumah                     sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Pengertian Suhu dan Termometer
v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Pengertian Suhu dan Termometer
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Pengertian Suhu






dan Termometer


Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan       pertanyaan       tentang                             :
Pengertian Suhu dan Termometer
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø  Apa kegunaan dari termometer?
Ø  Bagaiman cara mengukur skala suhu?
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang : Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta     didik      diminta                 mengeksplor




pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
Saling tukar informasi tentang : Pengertian Suhu dan Termometerdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.




Peserta    didik   dalam    kelompoknya               berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Pengertian Suhu dan Termometer
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan

Diskusi online:chat, video call, streaming




mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Pesertadidik     mengerjakan    beberapa                          soal mengenai : Pengertian Suhu dan Termometer


Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Pengertian Suhu dan Termometer
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan                                 berpikir                                 sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan




v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v  Mengemukakan pendapat atas  presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran


Penutup
Peserta didik :
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Mengagendakan pekerjaan rumah.
·         Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di
Penyimpulan materi via room chat



luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·         Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOKUMEN MODEL DAN EVALUASI PEMBELAJARAN SAINS

TUGAS Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk ...

TATA SURYA

TATA SURYA Pernahkah kamu amati langit pada malam hari? Benda-benda apa saja yang kamu lihat di langit? Pasti kamu akan melihat ribuan benda langit. Di antara benda-benda langit tersebut ada yang disebut bintang dan ada juga yang disebut planet. Ketika pagi menjelang, masihkah kamu dapat melihat benda-benda langit tersebut? Tentu saja tidak, karena di siang hari kamu hanya dapat melihat Matahari di langit. Ketika malam datang, barulah kamu dapat melihat kembali benda-benda langit tersebut. Mengapa demikian? Peristiwa di atas akan kita pelajari dalam buku kelas VII SMP di bab 6, yaitu sistem Tata Surya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem Tata Surya akan berpengaruh terhadap sistem kehidupan di Bumi. Maha besar Tuhan yang telah menciptakan alam dengan begitu agungnya. Oleh karena itu, marilah belajar dengan sungguh- sungguh, senantiasa bersyukur serta berusaha untuk menjaga karunia-Nya sebagai wujud ketakwaa...

Modifikasi model pembelajaran

L earning Cycle 5E Konvensional Modifikasi Aktivitas Keterampilan 4C Aktivitas Keterampilan 4C Engagement ·      Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum ·      Guru melakukan demonstrasi mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan Communication dan Collaborative Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal Communication Komunikasi terjadi ketika guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa Collaborative Membangun kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet Exploration Siswa (dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan mencatat hasilnya Communication, Collaborative dan Creativity Masing-masing siswa mem...